Friday, April 26, 2013

Waspada bahaya listrik statis saat mengganti thermal paste vga card & solusinya


Permisi buat agan-agan semua, disini ane mau coba sharing pengalaman ane selama jadi teknisi service vga, terutama masalah listrik statis yang ga banyak orang tau tentang dampak buruknya terhadap hardware PC kita yang rentan terhadap listrik statis, contoh : vga card, processor, mainboard dll.

karna ane fokus di service vga, jadi ane persempit case'a hanya pada permasalahan vga card, banyak dari kaskuser yang sms ke ane minta bantuan karna vga card'a rusak setelah ganti thermal paste, gambar jadi artifak bahkan ada yang sampai tidak tampil / no display pada layar monitornya  padahal kondisi vga sebelum ganti pasta normal



sangat mungkin itu akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita pada saat meratakan thermal paste dengan jari tanpa menggunakan alat (cutton bud / alat perata thermal paste) akibatnya jari kita menyentuh chipset langsung dan pada saat yang sama listrik statis bisa langsung merembet ke chipset tersebut akibatnya bisa fatal seperti kasus diatas (karna frekuensi listrik statis dalam tubuh setiap orang berbeda2 akibatnya juga bisa berbeda2 ) untuk mencegah terjadi hal yang tidak di inginkan, khususnya masalah diatas agar tidak terulang lagi dikemudian hari, berikut penjelasan listrik statis yang ane ambil dari Nibble Tech – Computer Solutions :


Listrik Statis, pernah dengar? Yup, waktu SD dan SMP seharusnya beberapa kali diulang pelajaran ini, kali ini kita coba mempelajari hubungannya dengan Perangkat Keras PC kita, melalui berbagai sumber berikut.

Listrik statis bisa terjadi kalau perpindahan muatan dari benda yg satu ke benda yg lain, bisa diakibatkan adanya gesekan antara benda yg satu dgn benda yg lain.

Misalnya :
Gesekan antara sisir plastik dgn rambut yg kering atau karpet.
Gesekan antara molekul2 uap air di awan yg membuat awan bermuatan yg akan dilepaskan ke bumi sebagai petir.
Penumpang di dalam mobil ikut mendapatkan muatan positif dr mobil (karena ban-nya bergesekan dengan jalan).
Gesekan sepatu kulit dengan karpet dll (Baca aja deh sendiri di buku fisika SMP)


Kenapa Bahaya? Karena kita, manusia dapat mengalami fenomena yang dikenal sebagai Electrostatic Discharge (ESD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transfer listrik statis dari satu objek ke objek yang lain.

Listrik statis berbahaya bagi komponen PC, jika berpindah ke komponen dalam jumlah yang cukup. Tubuh mengandung muatan listrik statis ketika anda, misalnya menggosok bagian tubuh terhadap suatu objek wol atau saat menginjak karpet dengan memakai kaos kaki. Saat kelembaban rendah, tubuh menjadi lebih mudah untuk mengisi dan menyimpan energi listrik statis, sedangkan saat kelembaban tinggi pengalihan listrik statis dari tubuh Anda ke udara lebih mudah.

Sengatan rendah listrik statis ke PC mungkin tidak langsung terlihat dampaknya ,tapi setelah jangka waktu tertentu PC Anda mulai sering hang atau sulit mencapai nilai OC tertentu yang dapat dengan mudah dicapai PC dengan spesifikasi yang sama.

Untuk pencegahan:
Jangan memakai pakaian wol atau nilon
Jangan memakai kaus kaki
berdiri di atas karpet sambil bekerja dengan PC Anda
Jauhkan pakaian Anda dari komponen
Gunakan anti static glove
Pastikan Anda tidak bergerak banyak sebelum bekerja dengan PC Anda, dan pastikan Anda tidak menggosok pakaian Anda dengan tubuh
Groundkan diri sebelum bekerja dengan PC Anda dengan memakai gelang anti statis atau menyentuh benda logam sesering mungkin
Saat bekerja dengan PC Anda ,cobalah agar salah satu bagian tubuh selalu menyentuh casing .
Lindungi komponen anda dengan kantong anti statis ketika mereka tidak terpasang .
Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh benda logam /sirkuit /chip pada komponen anda seperti pin motherboard dan prosesor
Pegang komponen pada bagian tepi di mana tidak ada sirkuit
INGAT UNTUK SELALU MEMATIKAN POWER PC ANDA SEBELUM BEKERJA DENGAN KOMPONEN PC


Fakta Lain : Di negara2 yg kelembabannya rendah (spt di daerah sub-tropis spt amerika, eropa), listrik statis sangat mudah terjadi. Oleh karena itu gelang yg dihubungkan dgn ground adalah mutlak diperlukan sblm memegang komponen elektronik.
Utk Indonesia yg terletak di daerah tropis yg kelembabannya tinggi, listrik statis tidak mudah terbentuk. Ini yg membuat kita jarang (bahkan praktis tdk pernah) menemukan para perakit komputer di Pusat IT yg pakai gelang anti listrik statis.
Walaupun demikian, utk amannya selalu membiasakan utk membuang listrik statis di tubuh sblm memegang komponen elektronik. Triknya cukup sederhana dan murah kok, injakkan kaki telanjang ke tanah / ubin sebelum memegang komponen elektronik.

Semoga bermanfaat buat temen-temen yang belum tau.

0 comments:

Post a Comment